Sabtu, Mei 07, 2011

membaca sambil menulis : DASAR-DASAR KATALIS

Tengah malam mencoba membaca kembali dasar-dasar tentang katalis, terus agar dapat dipahami, saya tulis aja kesimpulan sederhana dalam blog ini. Sekedar sharing pengetahuan dasar tentang katalis. 

http://hexogenerz.files.wordpress.com/2010/08/katalis.jpg

Katalis merupakan bahan/zat yang dapat meningkatkan laju reaksi untuk mencapai kesetimbangan, dimana katalis terlibat di dalam reaksi secara tidak permanen. Kata kunci defenisi secara tidak permanen, karena katalis dan reaktan akan berinteraksi terlebih dahulu sebelum reaksi berlangsung. Produk interaksinya adalah suatu intermediet reaktif yang akan membentuk produk. Insteraksi substrat-katalis dapat terjadi secara homogen dimana reaktan dan katalis berada dalam fasa yang sama, biasanya cairan  atau interaksi dapat terjadi diantara interface kedua fasa. 

Katalis dapat dibedakan ke dalam dua golongan utama: katalis homogen dan katalis heterogen. Katalis heterogen adalah katalis yang ada dalam fase berbeda dengan pereaksi dalam reaksi yang dikatalisinya, sedangkan katalis homogen berada dalam fase yang sama. Satu contoh sederhana untuk katalisis heterogen yaitu bahwa katalis menyediakan suatu permukaan di mana pereaksi-pereaksi untuk sementara terjerap. Ikatan dalam substrat-substrat menjadi lemah sedemikian sehingga memadai terbentuknya produk baru. katan atara produk dan katalis lebih lemah, sehingga akhirnya terlepas.Katalis homogen umumnya bereaksi dengan satu atau lebih pereaksi untuk membentuk suatu perantara kimia yang selanjutnya bereaksi membentuk produk akhir reaksi, dalam suatu proses yang memulihkan katalisnya (wikipedia.org).

Reaksi terkatalis secara heterogen biasanya menggunakan katalis padat, dimana interaksinya terjadi pada interface gas/padat atau cair/padat. Masalah transfer fasa dapat terjadi jika reaktan berupa gas juga terdapat di dalam sistem cair/padat. 

Walaupun katalis dapat meningkatkan laju reaksi, katalis tidak dapat digunakan untuk mengawali suatu reaksi yang secara termodinamika tidak mungkin terjadi. Entalpi reaksi dan faktor-faktor termodinamika lainnya adalah fungsi natural reaktan dan produk saja, sehingga tidak dapat dimodifikasi oleh keberadaan katalis. Faktor kinetik seperti laju reaksi, energi aktivasi, keadaan dasar transisi dan lainnya, merupakan karakteristik reaktan yang dipengaruhi oleh katalis.


Sifat-sifat katalis :
1. Katalis tidak mengalami perubahan yang permanen dalam reaksi, tapi terlibat dalam mekanisme reaksi.
2. Katalis mempercepat laju reaksi tetapi tidak mengubah jenis maupun jumlah hasil reaksi.
3. Katalis dapat menurunkan energi aktivasi, tetapi tidak mengubah entalpi reaksi.
4. Katalis mengubah mekanisme reaksi dengan menyediakan tahap-tahap yang mempunyai energi pengaktifan lebih rendah.
5. Katalis mempunyai aksi spesifik, artinya hanya dapat mengkatalisis reaksi tertentu.
6. Katalis hanya diperlukan dalam jumlah sedikit.
7. Katalis dapat teracuni.

sumber : Kimia Katalis (Prof Wega), wikipedia dan sumber lain.
Katalis homogen dan heterogen?studi kasus?I am reading n thinking.....

1 komentar:

  1. Maaf, yang ini terlewatkan bang..!! takut ntar otak ly jadi error..!! hihihihi..! kimia.. kimia..!! sepertinya kita tak bisa jadi sahabat baik, mungkin cukup jadi teman waktu SMA saja ya.. hihihi

    BalasHapus

Comment Please!