Sabtu, Februari 26, 2011

Serba serbi makanan di Tanjung, Kalsel

Alhamdulillah ada waktu sejenak untuk nulis2, seminggu full siang malam, sabtu ini punya waktu dikit untuk istirahat. hitung-hitung ngiilangin stress n ngilangin pilek....wkwkwk


Bicara Kota Tanjung, kota kecamatan sekaligus Ibukota Kab Tabalong Kalsel. Disini kotanya terasa seperti kota-kota di Riau. Sepanjang jalan dipenuhi ruko-ruko yang berjejer, sama seperti di Riau dengan kota minyaknya. Biasanya kota-kota tambang seperti ini. Di Tanjung terdapat salah satu perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia, yaitu PT ADARO Tbk. Disini kami sidikit ada kerjaan yang harus diselesaikan.

Saya tidak akan bicara detail kerjaan, tapi saya sedikit kupas makanan yang unik dari sini.

1. Soto Banjar

Makanan ini unik karena kuahnya bening, ada telur, ada ayam, ada nasi, tapi rasanya beda dengan soto Padang, apalagi soto lain di jawa yang rata-rata kuahnya pake santan. Kalau dah lapar....enak gak enak, hajar...hehe
Soto Banjar 










Ada soto banjar yang lain disini, yaitu soto banjar spesial. bedanya sih cuma di daging itik yang siap dikulitin dengan gigi kita...hehe


2. Bubur Ayam

Makanan ini termasuk aneh. Masak bubur ayam gak pake kuahnya. Waktu saya protes pada penjualnya, dia bilang emang gak pake kuah. karena gak biasa, saya minta aja kuah lontongnya. jadi aneh sih rasanya. tapi kalo sarapan kan wajib istilahnya, makanya hajar bleh.....wkwkwk

Bubur Ayam














3. Lontong sayur
Makanan ini unik karena lontongnya berbentuk lopis gitu, kuahnya kayanya gak enak, makanya gak pengen nyoba.  hehehe Pake telur tapi kuahnya itu lo, gak ada sayurnya, santannya banyak, kayanya gampang bikin enek...

Lontong Sayur
















Inilah menu santap pagi, belum lagi santap siang atau malam...so, menyusuuuuul....

4 komentar:

  1. Banyak kurang itu bos, ketupat kandangan, paliat, nasi itik gambut, dll. Hahahahaha makanya bos makannya jangan cuman lalapan doang, kasian cacingnya masa makannya gak ada variasi. Hehehehe

    BalasHapus
  2. bah banyak yang belum tercantum..
    pisang goreng biodiesel, lontong kuah biodioesel,paliat kuah biodiesel..... hahahahaaaaa

    BalasHapus
  3. iya, ada yang kurang ya...karena gak pernah makannya, hehe... kalopun sempat nyicipin, lupa ambil fotonya...hehe

    BalasHapus
  4. Hm hm hm... bubur ayam pake kuah lontong..! Baru denger...!! hehehehe :)

    BalasHapus

Comment Please!